Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan – Pelayanan terhadap pelanggan harus dilakukan dengan sabar mengingat pelanggan mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Selain itu, komunikasi yang baik dengan pelanggan akan menghasilkan pengalaman pelanggan yang baik dan puas. Pengalaman pelanggan yang memuaskan memungkinkan mereka menjadi pelanggan setia.

Pelanggan setia merupakan salah satu aset perusahaan. Anda khususnya tim customer service pasti ingin menjaga komunikasi yang baik dengan mereka dan berusaha memenuhi kebutuhan mereka. Pelanggan berhak mendapatkan pelayanan dan jawaban terbaik atas kebutuhannya. Namun terkadang, pelanggan berharap banyak pada bisnis atau perusahaan Anda dan ingin segera memenuhi kebutuhan tersebut. Beberapa item mungkin tidak diberikan secara langsung atau segera kepada Anda atau tim layanan pelanggan. Di sinilah Anda harus menolaknya dengan lembut. 

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Mengatakan ‘tidak’ tidak selalu merupakan evaluasi negatif atas pelayanan Anda kepada mereka. Di bawah ini tips yang bisa Anda terapkan untuk menolak pelanggan.

6 Alasan Mengapa Tanggapan Konsumen Penting Bagi Usaha Anda

Hal penting yang harus selalu Anda lakukan adalah berterima kasih kepada pelanggan yang mau berbisnis dengan Anda. Sebaiknya Anda melembutkan hati mereka terlebih dahulu dengan mengucapkan terima kasih yang tulus di awal. Hal ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli terhadap mereka dan menghargai upaya mereka dalam menjangkau bisnis Anda.

Selain mengucapkan terima kasih, penting untuk berempati dengan tim layanan pelanggan. Anda dapat menggunakan frasa yang berbeda, seperti “Saya mengerti mengapa Anda merasa perlu melakukan ini” atau “Saya mengerti mengapa Anda ingin melakukan ini”. 

Pernyataan ini menunjukkan bahwa pelanggan tidak boleh terintimidasi untuk meminta fitur atau perubahan tertentu (selama mereka tidak mengancam Anda atau mengajukan tuntutan yang tidak masuk akal).

Daripada mengabaikan hal ini sebagai alasan, Anda harus jujur ​​kepada pelanggan Anda. Katakan sejujurnya bahwa permintaan mereka tidak mungkin dipenuhi saat ini dan alasannya. Sebelum Anda mengatakan tidak pada suatu permintaan, pastikan tim Anda memahami mengapa permintaan tersebut tidak dapat diselesaikan atau mungkin ada sesuatu yang melanggar kebijakan perusahaan. Ini akan membantu Anda menindaklanjuti perjanjian dengan beberapa opsi alternatif yang mungkin dapat membantu pelanggan.

Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Customer Relation!

Pelanggan Anda mungkin menerima atau tidak menerima ini. Namun, apa pun tanggapan mereka, jika Anda mengatakan yang sebenarnya, Anda selalu dapat menjelaskan alasan Anda menolak permintaan mereka. Jika Anda berbohong, kebohongan Anda akan cepat terungkap jika pelanggan memutuskan untuk menyelidiki masalah tersebut lebih lanjut. 

Anda dapat mencoba memberi tahu mereka: “[Untuk kejelasan], kami tidak dapat mengabulkan permintaan ini karena [masukkan kebijakan perusahaan di sini]. Namun, ada beberapa solusi yang ingin saya diskusikan agar kita bisa melangkah maju.

Akan sangat membantu pelanggan jika Anda memberikan opsi alternatif untuk menggantikan permintaan mereka yang belum lengkap. Mulailah dengan menawarkan layanan lain yang dapat diberikan perusahaan Anda dan lihat apakah Anda dapat menciptakan solusi untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka. 

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Meskipun Anda tidak dapat segera memenuhi permintaan mereka dan menawarkan alternatif lain, tetaplah atasi masalahnya. Jangan tinggalkan pelanggan begitu mereka memiliki pilihan lain. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap mereka. Pelanggan akan merasa bahwa Anda tidak meninggalkan mereka. Juga berikan pembaruan tentang masalah ini. Jika solusi akhirnya ditemukan, segera hubungi pelanggan Anda.

Jenis-jenis Layanan Pelanggan Dan Contohnya Dalam Bisnis –

Setelah pelanggan mengajukan permintaan yang tidak dapat Anda penuhi, penting untuk memahami alur kerja dan proses mereka. Mengumpulkan umpan balik dan mempelajari pelanggan Anda adalah cara terbaik untuk memberikan layanan pelanggan yang baik secara konsisten dan mempertahankan basis pelanggan setia. Anda bisa meminta mereka untuk mengisi survei atau kuesioner terkait kinerja layanan pelanggan, terutama saat memproses masalah atau kebutuhan mereka.

Tetap terhubung dengan pelanggan dengan berbagi konten yang Anda yakin akan berguna bagi mereka. Tanyakan kepada mereka apakah mereka ingin bergabung dengan buletin email bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki buletin, Anda dapat mengolah konten khusus untuk pelanggan tersebut. Kumpulkan postingan blog, konten media sosial, artikel berita, dan sumber informasi lain dari perusahaan Anda yang menurut Anda akan sangat membantu pelanggan. Pelanggan akan memahami bahwa Anda bersedia bekerja ekstra untuk mereka.

Anda dapat mengirimi mereka email ramah yang memberi tahu mereka bahwa perusahaan Anda telah melakukan beberapa perubahan dan Anda ingin membantu mereka dengan cara apa pun. Jelaskan bahwa jika mereka memiliki pertanyaan, mereka dapat merujuk Anda dan Anda akan dengan senang hati membantu. Mungkin mereka masih ingin memenuhi permintaan awal mereka dan Anda dapat mendiskusikan opsi lebih lanjut.

Mengatakan ‘tidak’ kepada pelanggan adalah hal yang wajar karena terkadang Anda tidak selalu tahu apa yang mereka inginkan. Seringkali, Anda ingin mempertahankan reputasi perusahaan Anda, hubungan Anda dengan pelanggan, dan semua pelanggan yang Anda bisa. Namun, Anda tidak bisa mengabaikan kebijakan atau standar perusahaan Anda setiap kali ada permintaan pelanggan.

5 Cara Menarik Kembali Pelanggan Yang Hilang

Sebagai pakar CRM dan penulis konten SEO, saya meningkatkan pengenalan merek dan berkontribusi terhadap keterlibatan, menggunakan keahlian saya untuk terhubung dengan audiens dan meningkatkan konversi, mungkin salah satu tantangan terberat yang dapat diatasi oleh sebuah bisnis. Namun, Anda harus tahu bahwa hubungan pelanggan yang kuat menentukan keberhasilan bisnis dalam jangka panjang. Dalam pasar yang kompetitif, bisnis harus menjaga hubungan positif dengan pelanggannya. Istilah untuk ini adalah hubungan pelanggan. Hubungan pelanggan adalah metode yang digunakan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Hubungan yang baik dan kuat dengan pelanggan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mereka. Rincian lebih lanjut tentang hubungan keduanya dibahas di bawah ini.

Customer Relationship (CR) merupakan suatu proses atau upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk membangun hubungan yang berkesinambungan dengan para pelanggannya. Dalam dunia bisnis, CR harus dikelola dengan baik melalui proses CRM

. Mengutip pendapat Lucas (2001) dalam sebuah penelitian (Bulan, 2016), CRM ditentukan oleh 3 komponen utama. Ketiga komponen tersebut adalah sumber daya manusia, proses dan teknologi. Kesemuanya mempengaruhi membangun hubungan dengan pelanggan dengan memahami, mengantisipasi dan mengelola kebutuhan pelanggan.

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Sedangkan kepuasan pelanggan mengacu pada kebahagiaan dan/atau kekecewaan pelanggan setelah menggunakan suatu produk atau jasa. Kepuasan pelanggan terdiri dari 3 tingkatan. Pertama, pelanggan akan sangat puas ketika kualitas produk dan layanan melebihi harapannya. Kedua, pelanggan merasa puas ketika apa yang mereka terima sesuai dengan harapan. Terakhir, ketika pelanggan kecewa, mereka tidak kecewa. Setiap bisnis yang ingin sukses harus mendapatkan setidaknya level satu atau setidaknya level dua. Lalu apa hubungannya CR dengan kepuasan pelanggan? Di bawah ini adalah penjelasan singkatnya.

Relationship Marketing: Tujuan, Contoh Dan Pentingnya

Secara umum hubungan CR dengan kepuasan pelanggan sangat erat. Semakin tinggi upaya bisnis dalam membangun hubungan baik, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, ketika hubungan yang baik dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal maka kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan.

Dari sudut pandang bisnis, pelanggan akan memberikan respon positif dan melakukan pembelian berulang. Sedangkan dari sudut pandang pelanggan, mereka akan menerima produk atau jasa yang sesuai dengan harapannya. Faktanya, mereka lebih cenderung bersedia merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain di sekitar mereka. Mari kita lihat lebih detail 3 komponen utama yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

Sumber daya manusia yang bekerja langsung mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan harus mempunyai komitmen yang kuat dalam melayani pelanggan. Tak hanya pada kualitas pelayanan tim

Namun hal tersebut harus didukung untuk memberikan kualitas produk yang konsisten. Faktor-faktor dasar ini adalah titik awal bagi pelanggan untuk mendekati suatu bisnis. Jadi bisnis mempertahankan kepuasan mereka melalui faktor-faktor ini.

Pahami Hubungan Customer Relationship Dengan Kepuasan Pelanggan

Dalam membangun suatu hubungan, sebenarnya ada proses yang harus dilalui. Lucas (2001) menyatakan bahwa proses ini melibatkan 4 tahap untuk setiap bisnis.

Mengelola hubungan antara sebuah bisnis dengan banyak pelanggan tentu bukan perkara mudah. Selain menganalisanya, mereka juga harus memberikan pelayanan yang seimbang. Dalam hal ini diperlukan dukungan teknis agar prosesnya cepat dan optimal. Jadilah salah satu penyedia teknologi CRM yang dapat membantu perusahaan Anda.

Hubungan bisnis dengan pelanggan berhubungan langsung dengan kesehatan keuangan bisnis. Di era digital ini, konsumen memiliki kendali lebih besar terhadap pilihan mereka dibandingkan sebelumnya. Hanya perlu beberapa detik bagi pelanggan untuk merasa tertarik dengan merek Anda atau mengungkapkan rasa frustrasi mereka di platform digital. Anda juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan membangun hubungan pelanggan yang kuat dengan pelanggan. Hal ini dipandang sebagai cara untuk mempertahankan pelanggan jangka panjang dan meningkatkan pendapatan dari pembelian berulang.

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Itulah beberapa bentuk hubungan erat antara hubungan pelanggan dengan kepuasan pelanggan. Tentu Anda akan lebih fokus pada bagaimana membangun hubungan tersebut. Karena hubungan baik tidak berkembang secara instan, mulailah sekarang dan fokuslah pada taktik yang detail. Salah satu caranya adalah melalui alat komunikasi dan interaksi yang mendukung. Hadir untuk menunjang komunikasi Anda dengan ratusan atau ribuan pelanggan setiap harinya. Dengan fitur yang lengkap, Anda dapat mengelola pesan dan respon pelanggan dengan lebih baik. Hubungi kami untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan lebih efektif dan efisien.

3 Manfaat Dan Cara Membangun Customer Relation Di Bisnis

— Artikel Sebelumnya Memahami Konsep Bauran Pemasaran 7P dan Contoh Penerapannya Artikel Berikutnya — Selengkapnya Memahami Dashboard dan Manfaatnya dalam Bisnis

Jaringan online kini menjadi cara utama bagi pemilik usaha kecil untuk meningkatkan penjualan mereka. Dengan media sosial…

Pernahkah Anda merasa bingung dalam menentukan target pasar perusahaan Anda? Dimulai dengan kata pelanggan, pelanggan, pelanggan…

Pemasaran adalah proses penjualan suatu produk baik melalui barang maupun jasa agar masyarakat mengetahui tentang produk tersebut…

Tugas Customer Relationship Officer: Jobdesk, Skill 2024

Telemarketing adalah strategi pemasaran menawarkan barang atau jasa kepada konsumen melalui telepon. Telemarketing masih…

Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia. dengan lebih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *