Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa – Jakarta (22/9) – Selalu ada anugerah dibalik bencana. Betapapun sulitnya pandemi Covid-19 bagi guru sekolah, namun ada sisi positifnya. Salah satu berkah yang dirasakan di sekolah adalah berkembangnya pembelajaran inovatif yang dilakukan para guru. Artikel ini akan menyoroti beberapa inovasi yang dilakukan guru di antara sekian banyak guru berbakat di tanah air.
Inovasi-inovasi tersebut antara lain pembelajaran dengan menggunakan beberapa aplikasi berbasis LMS (Learning Management System), penggunaan media sosial yang asynchronous, blended learning, keterlibatan orang tua, model pembelajaran yang inovatif, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengumpulkan informasi awal untuk merangsang pengembangan inovasi lebih lanjut.
Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Artikel ini dipersembahkan untuk Anda dengan harapan dapat memberikan inspirasi bagi para guru, pengembang teknologi, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya.
Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar: Fokus Pada Pembelajaran Efektif
Tantangan pembelajaran di masa pandemi menjadi peluang bagi guru untuk mengeksplorasi perubahan di sekolah. Inovasi dapat diartikan sebagai suatu inovasi atau sesuatu yang dianggap baru atau baru oleh seseorang atau sekelompok orang. Inovasi dapat berupa ide, pemikiran, cara, metode, barang, alat, teknologi, atau inovasi apa pun yang memberikan nilai tambah atau manfaat bagi pemakai atau penggunanya.
Inovasi digunakan seseorang untuk memecahkan masalah secara efektif dan efisien. Di masa pandemi, sekolah dihadapkan pada tantangan tidak bisa mengajar tatap muka seperti dulu, dan siswa belajar dari rumah (BDR). Cara memastikan pelaksanaan kegiatan CSR yang efektif memerlukan inovasi. Guru memerlukan pengembangan kreatif dalam menciptakan lingkungan proses belajar mengajar, sehingga BDR dapat menjadi pembelajaran yang efektif dan menarik.
Pengelolaan kelas tidaklah mudah ketika guru dan siswa dipisahkan. Berbagai teori pembelajaran dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memungkinkan terjadinya pembelajaran online. Namun dalam praktiknya, banyak hal yang perlu disesuaikan. Keberhasilan pembelajaran ESL setidaknya bergantung pada beberapa faktor, antara lain guru itu sendiri, siswa, orang tua, perangkat TIK, jaringan, dan lain-lain.
Guru memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan pembelajaran. Bahkan dengan segala perangkat dan jaringan teknologi, jika guru gagal menciptakan lingkungan belajar yang baik, BDR akan gagal. Selain itu, dukungan orang tua siswa juga sangat penting. Kolaborasi antara guru dan orang tua sangatlah penting, terutama bagi siswa SD, TK, dan PAUD.
Cara Menciptakan Kelas Interaktif Pada Kurikulum Merdeka
Inovasi lahir dari kreativitas. Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan ide-ide alternatif baru yang berguna. Kreativitas adalah kualitas untuk selalu mencari hal-hal baru, inovasi adalah kualitas dalam mewujudkan solusi kreatif. Menciptakan tetapi tidak menciptakan adalah suatu kesia-siaan (Rusley, 2017).
Baity (2018), seorang ahli saraf, mengemukakan bahwa bukti terbaru menunjukkan bahwa kreativitas melibatkan hubungan kompleks antara pemikiran spontan dan terkontrol. Otak berisi jaringan yang disebut jaringan tingkat tinggi, yang terdiri dari tiga jaringan, jaringan otonom, jaringan eksekutif, dan jaringan keheningan.
Kreativitas merupakan hasil aktivitas otak, sedangkan inovasi merupakan perwujudan atau implementasi aktivitas otak. Dengan demikian, guru yang inovatif dapat dikatakan adalah guru yang memikirkan solusi dari permasalahan pembelajaran yang ditemuinya kemudian menerapkan solusi tersebut dalam aktivitas kehidupan nyata. Perubahan lahir dari kegelisahan.
Julaeha (2020) mengemukakan bahwa sebagai guru yang kesehariannya berinteraksi dengan anak, perubahan pembelajaran yang terus-menerus bukanlah hal yang buruk. Kesiapan guru dalam mencari, mencari dan menelusuri berbagai penemuan, pendekatan, metode dan sistem pembelajaran merupakan salah satu penunjang munculnya hal-hal baru dan menerangi inovasi-inovasi baru.
10 Cara Yang Dapat Digunakan Oleh Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Secara umum, inovasi lahir karena adanya kebutuhan. Kebutuhan ini mungkin timbul dari tantangan yang muncul, teknologi baru, kebijakan atau rencana pembangunan baru, dan lain-lain. Kesadaran akan masalah merupakan dorongan untuk mengembangkan perubahan pada diri sendiri. Misalnya saja seorang guru yang mendapati pelajaran membaca gurunya kurang, maka ia akan mencari cara atau metode yang efektif untuk meningkatkan pelajaran membaca gurunya.
Peka terhadap permasalahan merupakan modal penting untuk menghasilkan inovasi. Kehadiran teknologi baru seperti kehadiran perangkat TIK di sekolah juga merupakan hal baru, dimana guru harus bisa memanfaatkan perangkat teknologi tersebut dengan baik. Selain itu, kebijakan baru seperti akses internet di sekolah telah menciptakan berbagai perubahan dalam pembelajaran di sekolah.
Perubahan juga bisa lahir melalui perencanaan. Misalnya, suatu sekolah yang mempunyai program atau rencana menjadi sekolah menengah atas dalam lima tahun ke depan harus mengembangkan dan merencanakan berbagai perubahan yang diperlukan untuk mendukung program tersebut.
Keunikan dan inovasi juga bisa lahir dari kendala. Bencana pandemi Covid-19 adalah contoh bagusnya. Dalam masyarakat kita dikenal “kekuatan jebakan”. Jadi ketika ada keadaan darurat, kreativitas muncul. Mempresentasikan hasil Analisis Pembelajaran Digital Indonesia yang dilakukan UNICEF, Bennett (2021) menemukan bahwa 67% guru mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat dan platform online.
Bimbingan Belajar Bifi Smart
Namun sayangnya, UNICEF tidak mengungkapkan berapa banyak guru yang diganti akibat tantangan tersebut. Salah satu rekomendasi dari tinjauan penelitian tersebut berbunyi; Sesuaikan metode pengajaran berdasarkan kebutuhan siswa dan hindari pendekatan “satu untuk semua”. Tidak ada yang bisa menjawab semua masalah Anda. Dalam hal ini yang paling mengetahui permasalahan pembelajaran di daerahnya adalah para guru yang bekerja di sekolah tersebut.
Oleh karena itu, guru harus dibekali dengan keterampilan dan rasa percaya diri untuk memecahkan masalah pembelajaran bagi siswanya. Memperkenalkan Simposium Pembelajaran Digital Berkualitas, CEO GTK Ivan Syahrir (2021) mengatakan bahwa guru harus mau berubah agar nyaman dalam situasi yang tidak nyaman. Guru harus siap beradaptasi dengan perubahan keadaan dan kondisi. Setiap perubahan akan menimbulkan ketidaknyamanan sementara, dan pada akhirnya Anda akan merasakan kenyamanan baru (new normal).
Dalam hal ini, aturan belajar mandiri juga harus diperluas kepada guru, sehingga guru bebas mengembangkan strategi pembelajaran dan perubahannya, tanpa khawatir terhadap penilaian kepala sekolah atau penilaian pengawas. Pengalaman guru yang “berjuang” mencari solusi di masa pandemi harus dimanfaatkan untuk mendukung arah kebijakan pendidikan yang mandiri.
Hal ini diperkuat oleh Nunuk (2021) yang menyatakan bahwa salah satu faktor penting dalam kebijakan kemandirian pendidikan di masa depan adalah guru dan pelatihan guru berbasis pelatihan guru. Bagi guru, pandemi merupakan kesempatan untuk leluasa mengembangkan berbagai kajian inovatif.
Memahami Dampak Positif Meningkatkan Mutu Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada artikel selanjutnya, penulis akan membagikan kreativitasnya di masa pandemi. Mereka adalah guru inovatif yang telah mendapat bimbingan teknis (bimtek) materi pada tahun 2020; Pengembangan pusat sumber belajar, pengembangan model pembelajaran inovatif, dan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT. Klik link dibawah untuk membacanya, http:/// tubuhnya-creat-dan-innovation-pembelajaran-di-era-pandemi-2/
Jakarta (9/5) – Setelah suksesnya Perburuan Bug Kenendikbudristek 2022, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak para Pemburu Bug untuk kembali dan menemukan bug (kelemahan keamanan) pada aplikasi/sistemnya…
Tidak diragukan lagi, disrupsi teknologi menyebabkan perubahan sistemik yang cepat dalam pendidikan yang perlu ditangani secara strategis. Dapat ditemukan… Keinginan untuk belajar merupakan kunci sukses dalam dunia pendidikan. Banyak pembaca dan siswa yang kesulitan untuk tetap termotivasi selama proses pembelajaran. Namun, dengan tips dan strategi yang tepat, kita bisa tetap menjaga semangat belajar dan meraih hasil yang luar biasa. Artikel ini akan memberikan Anda beberapa tips agar semangat belajar dapat membantu Anda sukses di dunia pendidikan.
Sebelum memulai perjalanan belajar Anda, tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Ketahui apa yang ingin Anda capai dalam studi Anda dan pikirkan masa depan Anda. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, Anda akan bekerja keras untuk mempelajari dan mencapainya.
Umpan Balik Konstruktif Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik
Membuat rencana belajar merupakan langkah penting dalam menjaga gairah belajar. Buatlah jadwal yang teratur dan realistis untuk waktu belajar Anda. Tentukan materi apa yang akan dipelajari pada setiap sesi belajar. Dengan perencanaan yang baik, Anda akan lebih fokus dan termotivasi untuk belajar.
Lingkungan belajar yang nyaman dan santai akan membantu meningkatkan semangat Anda dalam mengikuti kelas. Diam dan alihkan perhatian Anda dari belajar. Perhatikan juga pencahayaan yang tepat dan pastikan meja belajar dalam keadaan bersih dan rapi.
Jika anda kesulitan memahami materi, jangan sungkan untuk bertanya kepada guru, dosen atau teman sekelas anda. Mengajukan pertanyaan adalah langkah cerdas karena membantu Anda memperjelas pemahaman dan meningkatkan kualitas bacaan Anda. Selain itu, ketika Anda mendapatkan jawaban yang benar, Anda akan lebih termotivasi dan percaya diri.
Mengikuti diskusi dan kelompok belajar merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar. Diskusi dengan teman sekelas atau anggota kelompok belajar akan membantu Anda memperluas pemahaman Anda tentang berbagai topik dan mendapatkan perspektif baru. Selain itu, diskusi membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.
8 Cara Produktif Untuk Pelajar Tingkatkan Prestasi
Jangan lupakan pentingnya istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan fisik. Selama proses latihan, tubuh juga memerlukan waktu istirahat dan pemulihan. Pastikan Anda cukup tidur, makan sehat, dan aktif secara fisik. Kesehatan akan membantu Anda tetap fokus pada studi Anda.
Temukan sumber inspirasi dan motivasi yang dapat menunjang keinginan Anda untuk belajar. Bacalah kisah sukses dari orang-orang yang telah mencapai kesuksesan di bidang pendidikan, dengarkan pidato-pidato inspiratif, atau ikuti orang-orang inspiratif di media sosial. Gairah Anda dalam membaca akan menyala ketika Anda mendapatkan inspirasi yang tepat.
Keinginan untuk belajar merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, membuat rencana belajar yang baik, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta tetap termotivasi dan sehat, Anda akan lebih mampu mengatasi tantangan belajar. Ingatlah bahwa setiap perjalanan belajar pasti ada kendalanya, namun dengan semangat, Anda akan mencapai kemajuan besar dalam studi Anda. Selamat membaca dan semoga berhasil!